AGEN BOLA TERPERCAYA – Jurgen Klopp Masuk Musim Ketiga, Mampukah Si Merah Menjuari Liga Inggris?

AGEN BOLA TERPERCAYA – Ya, jika kembali mengingat karier yang diraih Jurgen Klopp, seharusnya klub Liverpool bisa menjadi sang juara Premier League di akhir musim ini. Akan tetapi, bisakah sang manajer benar-benar mewujudkannya di akhir musim. Sejak awal karier menjadi sang pelatih di musim 2001 di Mainz, keberhasilan periode Klopp adalah saat bersama Borussia Dortmund yang dilakoni sejak 2008 hingga 2015. Tujuh musim memakai baju kuning-hitam, Klopp sudah mempersembahkan sebanyak dua gelar BUndesliga dan satu gelar juara DFB-Pokal serta melaju ke partai puncak Liga Champions 2013 silam.

Akan tetapi, keberhasilan yang diraih bersama Die Borussen tidaklah didapatkan dengan mudah mengingat Klopp harus berjuang keras untuk membangun klub yang solid hingga akhirnya dapat mendobrak dominasi kuatnya Bayern Munich. Di musim perdananya, Klopp membawa Die Borussen finis do peringkat keenam yang berlanjut ke peringkat kelima di tahun keduanya. Puncaknya adalah di tahun ketiganya pada periode 2010-2011 pada saat Die Borussen menjadi juara Bundesliga dengan rekor angka yakni 81 sertai meraih 25 kali kemenangan.

Prestasi yang sama didapatkan setahun berikutnya pada saat Die Schwarzgelben dibawa Jurgen Klopp menjadi juara Bundeliga lagi dan kembali meraih dobel gelar setelah mengalahkan Die Roten di partai final DFB-Pokel. Sesudah itu prestasi Klopp bersama Borussia Dortmund menurun yang diwarnai dengan peringkat ketujuh pada musim terakhirnya menjadi pelatih klub itu. Kini, Klopp sedang menjadi pelatih yang sama di ajang Premier League bersama Liverpool.

Jika dihitung dalam kedatangannya di Premier League pada akhir Oktober 2015, musim ini adalah tahun ketiganya berada di kota London. Namun, jika nilai dari periode kepelatihannya, ini merupakan musim penuh ketiganya bersama The Reds. Performanya pun bisa dikatakan mulai membaik dari musim ke musim. Sesudahnya hanya finis di peringkat kedelapan di musim pertamanya pada tahun 2016, klopp membawa klub asal Merseyside Merah naik ke peringkat keempat pada musim penih pertamanya di 2017. Di tahun penuh keduanya, Klopp kembali membawa The Reds duduk di peringkat empat besar dan lolos ke kompetisi Liga Champions.

Memasuki musim penuh ketiganya, kualitas untuk Klopp tentu makin besar mengingat tahun ini Si Merah sudah mengeluarkan uang lebih dari 100 juta poundsterling untuk mendatangkan pemain. Semua keinginan Jurgen Klopp nyaris terpenuhi di sektor penjaga gawang dengan kedatangan sosok Alisson Becker.

Saat ini tinggal bagaimana Klopp dapat meneruskan tradisinya tersebut mengingat laju Liverpool di ajang Premier League terbilang oke meski hanya meraih dua poin di dua pertandingan terakhirnya. Mohamed Salah dan rekan-rekan setimnya, kini ada di peringkat ketiga klasemen dengan 20 angka, sama dengan Manchester City dan Chelsea, tetapi hanya kalah selisih gol. Fans Anfield tentu menunggu trofi Klopp yang biasanya ampuh di musim ketiga melatih klub. Apakah bisa, Jurgen Klopp?

“Yang pertama akan selalu menjadi yang tersulit. Ada sedikit perbedaan antara hanya dapat bersaing sampai ke finis, lalu apakah mental pasukan Klopp dapat melalui pertandingan-pertandingan di akhir musim”, ujar mantan punggawa The Reds di era 80-an, yakni Kevin Keegan, di media setempat.

“Pada saat Anda sudah dapat melakukannya, hal itu akan menjadi pengalaman yang berharga. Ketika hal itu belum ada, Anda akan berpikir ‘bagaimana kami dapat melakukan hal ini dan melakukan hal itu?”, tegasnya.