AGEN POKER – Pierogi dan Mandu, Dumpling Unik dan Enak dari Polandia dan Korea

AGEN POKER – Pierogi dan Mandu, Dumpling Unik dan Enak dari Polandia dan KoreaDumpling bukan monopoli Tiongkok. Makanan dari adonan tepung terigu dengan aneka isian dan bentuk ini ada di seluruh dunia. Beberapa negara seperti Polandia dan Jerman juga memiliki dumpling yang enak.

AGEN POKER – Pierogi dan Mandu, Dumpling Unik dan Enak dari Polandia dan Korea – Berikut ini adalah beberapa sajian lembut pangsit kukus khas negara Barat dan Timur Tengah.

1. Jerman: maultaschen

Berasal dari Jerman, pangsit ini secara tradisional diberi isian campuran daging cincang, daging asap, bayam, tepung roti, bawang, bumbu dan rempah-rempah. Dumpling ini dibentuk persegi atau persegi panjang dengan ukuran 8 x 12 cm.

2. Polandia: pierogi

Dumpling asal Polandia ini sangat mudah dibuat. Tepung terigu dan kentang  ditumbuk dan dicampur dengan air hangat, digulung menjadi adonan dan dipotong menggunakan bibir gelas. Kemudian disajikan dengan bawang goreng dan krim asam.

3. Ukraina: Vareniki

Berasal dari kata varenyk yang berarti “rebus adonan” di Ukraina. Kata ini memberikan gambaran tentang fleksibilitas dari pangsit ini. Pangsit yang berisi dengan bentuk persegi atau bulan sabit dibuat secara tradisional dengan kentang dan mentega dengan taburan bawang goreng dan disajikan dengan krim asam plus mentega yang gurih. Beberapa versinya dibuat dengan isian buah-buahan dan biasanya disajikaan saat musim dingin.

4. Rusia: pelmeni

Pangsit tradisional Rusia umumnya berbentuk bulat dengan ukuran sekitar 2-5 cm dan disajikan hampir di seluruh restoran di Rusia. Resep setiap keluarga sedikit berbeda akan tetapi secara umum pangsit ini memiliki rasa yang gurih.

Secara tradisional, adonan campuran tepung, telur dan air disisi dengan campuran adonan daging sapi, bawang putih dan bawang yang dibentuk memutar menyerupai tortellini.

5. Turki: Manti

Pangsit tradisional Turki ini biasanya diisi dengan daging sapi atau domba dan campuran bawang dan disajikan dengan siraman saus yoghurt dan bawang putih. Selain di Turki, manti juga sangat populer di Afghanistan dan Armenia.

Di Turki, sajian ini biasanya disiapkan oleh seorang wanita untuk calon ibu mertuanya. Semakin kecil bentuk manti, semakin terampil anggapan ibu mertua terhadap calon pengantin.

AGEN POKER

 

6. Georgia: khinkali

Adonan khinkali ini biasanya diisi dengan daging yang dibumbui bawang. Pangsit ini biasanya hanya dimakan polos atau ditaburi dengan lada hitam dimemarkan kasar. Bagian dalam pangsit ini sedikit basah, sehingga cara yang tepat untuk memakannya adalah dengan menahannya dari atas, mengambil gigitan di bagian bawah, sruput kaldu dan kemudian makan sisanya.

Dumpling atau pangsit mudah dibuat dengan aneka bentuk dan isi. Apalagi dinikmati dengan beragam saus. Selain Tiongkok, beberapa negara Asia dan Eropa juga punya varian dumpling yang lezat.

Dumpling bisa dinikmati sebagai camilan atau menu pembuka. Seperti beragam dumpling dari berbagai negara ini.

7. Tiongkok: wonton

Wonton di Tiongkok memiliki banyak variasi. Mereka biasanya diisi dengan campuran daging babi yang sudah dibumbui, direbus dan disajikan dalam kaldu tetapi kadang-kadang juga ada yang digoreng. Rasanya sangat gurih dengan tekstur yang lembut sedikit kenyal.

8. Jepang: gyoza

Gyoza yang populer di Jepang cenderung lebih panjang dan tipis dibandingkan dengan pangsit di negara lain. Diibuat dengan adonan sangat tipis dan diisi dengan campuran daging, daun bawang, jahe dan minyak wijen. Dimasak dengan cara direbus dengan sedikit air kemudian dikeringkan dengan sedikit minyak sehingga bagian bawahnya kering renyah. Disajikan dengan campuran cuka dan kecap.

9. Korea: mandu

Varietas Mandu yang tersedia di Korea sangat beragam. Beberapa jenisnya direbus dan diisi dengan daging, daun bawang (mandu mul). Untuk jenis lainnya adalah jenis mandu goreng (goon mandu) yang biasanya diisi dengan kimchi.

10. Himalaya: momo

Di Nepal dan Tibet, momo merupakan salah satu makanan ringan yang paling populer yang biasa ditemukan disudut jalan Katmandu. Secara tradisional momo dibuat dengan cara dikukus dengan bentuk bulat.

Momo diisi dengan kentang, kedelai atau keju dan daging daging kerbau. Momo selalu disajikan dengan acar tomat yang dicampur dengan ketumbar, biji wijen, cabai hijau, jahe, pasta bawang putih dan minyak sayur.

11. Lebanon: shish barak

Berbeda dengan negara lain. Pangsit di Lebanon biasanya diisi dengan daging sapi dan kacang pinus sebagai penambah aroma dan direbus dengan susu kambing atau yoghurt yang dibumbui bawang putih dan mint serta daun ketumbar.

POSTED BY :

WWW.POKER021.COM