Danau Biru nan Cantik Ini Ternyata Sangat Beracun

Mentaripoker, Inggris Siapa yang tak terpesona dengan tampilan danau yang satu ini? Airnya yang sangat jernih dan birunya pantulan air danau pasti akan membuat setiap orang yang melihatnya akan tergugah untuk berenang di danau tersebut.

Seperti yang dilansir dari Dailymail, Jumat (9/1/2015), siapa yang menyangka, ternyata danau yang terletak di Hill, Buxton, Inggris dan memancarkan kecantikannya tersebut adalah danau yang sangat beracun. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral tambang, mobil yang ditenggelamkan, hewan mati dan sampah di danau ini.

Danau yang diberi nama Blue Lagoon ini dulunya adalah bekas penambangan yang sudah ditinggalkan. Jika Anda hendak mendekat ke danau, Anda dapat membaca sebuah papan pengumuman yang menunjukkan bahwa danau ini berisi racun.

Warna biru cerah yang timbul dari danau tersebut hanyalah reaksi asam tinggi hingga pH 11,3 hingga 12,6, yang setara dengan amonia dan cairan pemutih pakaian.

Meskipun telah dipasang papan pengumuman, para pengunjung, terutama wisatawan tidak peduli dan tetap berenang. Sebagian pengunjung nekat itu adalah perempuan muda dan anak-anak.

“Saya sudah mengatakan pada anak-anak agar tidak menelan airnya,” ujar Sam Ahmed, ibu dari anak-anak yang berkunjung ke Blue Lagoon.

“Tempat ini begitu indah dan biru, cocok untuk melihat matahari,” tambahnya, seolah tidak peduli bahwa keindahan itu mengandung racun mematikan.

Laman BBC pun menambahkan, setelah mendapat banyak masukan agar Blue Lagoon di surutkan atau diberi batas bahaya, akhirnya pemerintah setempat menemukan jalan keluar, yaitu memberi warna hitam. Selama ini orang-orang nekat berenang karena keindahan warna birunya. Setelah danau berubah jadi hitam, danau ini tidak lagi menarik.

“Sekarang danau ini tidak cantik lagi,” ujar Rachel Thomas, seorang pebisnis lokal yang senang karena perubahan warna itu memberi perbedaan besar. Tak ada lagi orang yang mau berenang di sana.