Juara Piala Dunia Tahun 1982

Piala Dunia FIFA yang ke 12 diselenggarakan di Spanyol, ya Negeri matador itu untuk pertama kali menjadi tuan rumah dalam ajang turnamen sepak bola terbesar di Dunia.

Spanyol untuk pertama kali nya dalam sejarah menjadi tuan rumah di piala dunia, saat itu adalah piala dunia yang ke 12 FIFA di tahun 1982, namun sayangnya tuan rumah gagal menjadi juara, adalah italia yang berhasil keluar sebagai juara piala dunia di tahun itu. Tuan rumah spanyol hanya sukses finish hingga babak penyisihan group tahap kedua.

Ditunjuknya spanyol sebagai tuan rumah piala dunia tahun 1982 itu sendiri berawal di tahun 1966 tepatnya pada tanggal 6 Juli, adalah FIFA sebagai federasi sepak bola tertinggi di dunia yang memilih Spanyol, dimana penunjukan tersebut dilakukan di London, Inggris. Jerman barat terlibat dalam pemilihan ini, dimana ketika jerman barat menjadi tuan rumah di tahun 1974, Spanyol memberikan dukungan , dan begitu juga sebaliknya, ketika Spanyol menjadi tuan rumah di tahun 1982 giliran Jerman barat yang meberikan dukungan nya untuk spanyol.

Sebanyak 17 stadion yang digunakan dalam kompetisi tersebut, dan spanyol menjadi tuan rumah pertama dalam sejarah piala dunia yang menggunakan stadion sebanyak itu. Tidak hanya itu, Piala dunia 1982 yang berlangsung di spanyol juga menjadi piala dunia pertama yang terdiri dari 24 peserta (sebelumnya 16), FIFA menambahkan peserta dari wakil asia dan Afrika saat itu.

Babak Penyisihan pun terdiri dari dua tahap, tahal satu terdiri dari 6 Group, masing-masin group terdiri dari 4 peserta, sedangkan tahap kedua tediri dari 4 group, masing-masing group berisi 3 peserta. Adalah Italia dan Argentina yang saat itu berhasil lolos hingga ke babak final, dan italia akhirnya mememangkan partai final dengan skor 3-1. Paolo Rossi (Italia) terpilih sebagai pemain terbaik dan top skorer.