Kemenangan Perdana Jackson Di Timnas!

Kemenangan 2-0 Timnas Indonesia melawan Philipina semalam menjadi pemuas dahaga bagi suporter timnas Garuda yang dalam 9 pertandingan terakhir tidak pernah menang baik itu pertandingan resmi FIFA maupun pertandingan berlabel persahabatan.
Kemenangan tersebut juga merupakan kemenangan perdana pelatih Indonesia Jackson F. Tiago, sejak melatih timnas pada pertandingan melawan Belanda yang berakhir dengan kekalahan.
Melawan Philipina Indonesia bermain dengan lebih percaya diri dibanding beberapa pertandingan sebelumnya, hal ini tidak lepas karena kualitas pemain timnas memang sedikit diatas daripada pemain Philipina walaupun dari peringkat FIFA Philipina yang berperingkat 141 jauh di atas Indonesia yang berperingakat 169 dunia.
Pelatih Jackson semalam bermain dengan formasi 4-4-2 dengan menempatkan Stefano Lilipaly dan M. Taufiq menjadi gelandang dengan karakter menyerang. Hal tersebut terbukti ampuh dengan berhasilnya Indonesia menguasai lini tengah dengan peran Bustomi dan Maitimo yang bermain lebih ke dalam.
Penampilan Stefano Lilipaly layak disorot dalam pertandingan semalam. Pemain yang bermain di klub Almere City ini terlihat sangat berperan dalam kemenangan Indonesia. Gol pertama yang diciptakan oleh Greg Mwokolo pada menit 31 merupakan hasil dari umpan Lilipaly yang tanpa melihat pergerakan Greg, ia berhasil melepaskan umpan jitu di depan mulut gawang.
Di babak kedua beberapa perubahan dilakukan oleh pelatih Jackson dengan menggantikan Greg dan Boaz dengan Patrich Wanggai dan juga Titus Bonai. Pergantian tersebut memberikan hasil maksimal dengan assist yang dilakukan oleh Tibo kepada M. Robby dengan sedikit merubah arah bola corner yang dilepaskan Bustomi pada menit 67. Di menit-menit akhir Wanggai juga hampir menciptakan gol dengan tendangan keras yang membentur tiang gawang. 
Dengan kemenangan ini setidaknya membangkitkan mental timnas yang dalam beberapa pertandingan sebelumnya selalu kalah dengan skor telak. 
Ada yang menarik dalam pertandingan semalam. Pertandingan yang disiarkan secara live di RCTI ini sempat menjadi Trending Topic di Twitter. Tapi bukan karena kemenangan maupun pemainnya, karena kali ini datang dari komentator RCTI yang sepanjang pertandingan sering mengatakan #Ahay. Dengan hashtag #Ahay inilah menjadi Trending Topic Worldwide. Intermezzo ini mungkin bagi suporter timnas di stadion tidak akan terasa…hehehe
@tegew