Madrid Menjadi Klub Sepakbola Dengan Pendapatan Terbesar

Real Madrid menjadi klub sepakbola dengan pendapatan terbesar di dunia untuk musim 2011/2012. Los Merengues unggul atas rival abadinya, Barcelona, dan raksasa Premier League, Manchester United.

Di tengah kondisi ekonomi Eropa yang sedang krisis, Madrid masih bisa mendapatkan pendapatan luar biasa besar pada musim lalu. Dalam laporan yang dirilis oleh firma akuntan Deloitte, pendapatan klub ibu kota Spanyol itu mencapai 512,6 juta euro, atau naik sebesar tujuh persen.

Madrid menjadi klub pertama yang mencatat pendapatan di atas 500 juta euro. Selain dari penjualan tiket pertandingan di Santiago Bernabeu, mereka mengisi pundi-pundi uangnya dari hak siar televisi dan sponsorship dari seluruh dunia. Bandar bola Barca ada di posisi kedua. The Catalans meraih pendapatan 483 juta euro, atau naik sebesar tujuh persen.

MU yang ada di posisi ketiga mencatat pendapatan 320,3 juta poundsterling (395,9 juta euro). Angka tersebut turun tiga persen dibandingkan tahun sebelumnya, yang kemungkinan dipengaruhi oleh kegagalan ‘Setan Merah’ lolos dari fase grup Liga Champions musim lalu. Di posisi keempat ada klub Jerman, Bayern Munich, disusul Chelsea, Arsenal, dan Manchester City. AC Milan, Liverpool, dan Juventus melengkapi posisi sepuluh besar.

by : agen bola