Profil Lengkap Michel Preud’homme

Michel Preud’homme sukses meraih gelar sebagai penjaga gawang terbaik dalam piala dunia edisi 15 yang berlangsung pada tahun 1994 silam.

Belgia mungkin hanya berhasil hingga babak 16 besar dalam piala dunia tahun 1994 silam, namun ia memiliki banyak pemain yang hebat kala itu, termasuk sang kiper Michel Preud’homme.

Pemain yang memiliki nama lengkap Michel Georges Jean Ghislain Preud’Homme itu bahkan berhasil menyabet gelar sebagai penjaga gawang terbaik di piala dunia tahun 1994, atau yang lebih dikenal dengan nama Yashin Award. Nah, berikut adalah profil lengkap penjaga gawang terbaik tahun 1994 itu.

Nama Lengkap : Michel Georges Jean Ghislain Preud’Homme
Nama Akrab     : Michel Preud’homme
Tanggal Lahir   : 24 January 1959
Tempat Lahir    : Ougree, Belgium
Tinggi Badan    : 1.83 m
Klub Saat ini    : Club Brugge
Kebangsaan     : Belgia
Posisi              : Penjaga Gawang (sekarang pelatih)
Nomor Punggung : –

Fakta Menarik dan perjalanan Karir :

– ternyata, sebagai penjaga gawang terhebat dimasanya, Michel Preud’homme tidak hanya berhasil menyabet gelar Yashin Award kala itu, tapi di tahun yang sama juga ia sukses meraih gelar sebagai penjaga gawang terbaik dunia oleh IFFHS dan juga penjaga gawang terbaik Eropa oleh UEFA.

– Sebagai mana pemain professional lainnya yang berhasil menjadi bintang lapangan, kala itu Michel Preud’homme juga telah mengawali karirnya sebagai pemain sepak bola sejak masih muda, yaitu sejak tahun 1977. Standard Liège adalah klub pertama yang dibela nya, dan setelah 9 tahun bersama klub tersebut ia memutuskan untuk pindah ke      Mechelen. Mencatatkan lebih dari 240 caps bersama klub ini dalam wakti 8 tahun lamanya, pada akhirnya memutuskan untuk menerima pinangan Benfica FC di tahun 1994, dan tahun 1999 adalah akhir karir dari Legenda ini.

– Sedangkan  untuk timnas belgia, Michel Preud’homme telah mencatatkan lebih dari 58 caps sejak tahun 1979 hingga 1994.