SEDEKAH TERBAIK

#CeritaRamadanKu #Day11
Bismillahirahmanirrahim.

Mumpung masih Bulan Ramadan, bulan dimana Allah akan lipat gandakan ganjaran, sudah berapa kali menebar kebaikan hari ini?

Hari ke-sebelas, alhamdulillah masih diberi kesehatan, sehingga bisa menulis blog ini. Berusaha memberi hal yang berguna melalui tulisan, semoga akan menjadi amal jariyah nantinya. Aamiin.

Sebaik2 manusia adalah ia yang bermanfaat buat orang lain. Aku men-cam-kan benar hadist ini di kepalaku. Selagi Ramadan, menebar manfaatnya juga harus lebih getol. Ngeblog sebulan penuh dengan postingan2 yang bermanfaat, salah satunya.

Sumber : Google
Btw, sudah berapa orang yang kamu berikan senyum tulus hari ini? Sudah berapa banyak orang yang kamu buat lebih ceria hari ini? Ingat, senyum kita yang tulus adalah sedekah. Bayangin aja, senyum doang dihitung pahala. Wow!

Sumber : Google
Berbagi dengan orang lain memang tak melulu tentang uang, menyenangkan orang lain dengan senyuman kita, dengan kesopanan kita, dengan adab dan sikap hormat kita juga adalah berupa sedekah. Maha Pemurah Allah yang gak hitung2an ngasi kita pahala.

Eh, ngomongin soal sedekah, ternyata ada tiga sedekah yang paling utama.

Yang pertama sedekah jariyah. Duh, kalo sedekah yang satu ini, jangan ragu2 deh. Pahalanya ngalir terus sampek kita udah di balik papan, geng! Sedekah model ginian itu bisa kita dapat kalo kita membantu membangun masjid, membuatkan saluran air, atau hal lain yang memberikan manfaat secara berkesinambungan buat orang lain. Selama apa yang kita usahakan itu digunakan, maka selama itu pula pahalanya ngalr ke kita. Apa gak sedap?

Terus, sedekah yang kedua adalah sedekah dengan sembunyi2. Biar gak riya. Biar maksud dari sedekah kita gak bersayap. Iya, biar kita gak merasa kita yang paling dermawan, kita yang paling soleh, kita yang paling peduli sama fakir miskin. Kalo kita pamer sama sedekah kita, bisa jadi pahalanya malah hilang. Oh, no!

Yang terakhir, ternyata, sedekah kita kepada kerabat yang kekurangan juga adalah sedekah yang terbaik. Kenapa demikian? Karena seperti hadist yang diriwayatkan Tirmidzi, “bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah, dan kepada kerabat ada dua kebaikan; sedekah dan silaturahmi.”

Intinya, kita lihat kerabat dulu. Jangan sampai kita rajin bersedekah kepada fakir miskin atau panti asuhan, atau ke masjid, tapi malah masih ada kerabat kita yang membutuhkan uluran tangan kita. Yuk, lihat siapa kira2 kerabat kita yang butuh kita lihat, kita jenguk, atau kita berikan sedekah.

Seperti apapun bentuk sedekah yang kita lakukan, semoga akan memberikan kebahagiaan buat saudara2 kita yang membutuhkan. Aamiin.

Jadi, sudahkah membuat orang lain tersenyum senang hari ini?