Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak

Makin hari tuh yahh, tubuhku makin aja berkurang timbangannya..hadoooh!, kering kerempeng gitu dah. Lagi nyadar akan kesehatan nih ceritanya, makanya lagi perhatiin bagaimana caranya biar bisa bergaya hidup sehat dan agak gemukan! Agak kurang ngerti juga kebanyakan orang nyaranin buat minum susu apalagi kalau susu instan katanya cepet gendutnya.Tapi ada bener juga siih kayaknya.. susu itu penting banget buat tubuh, ngomong-ngomong soal susu setahu aku sih gak ada yang secanggih dan sehebat susu ibu a.k.a ASI :D.
Inget gak sih ketika kita baru lahir hingga umur 4 bulanan gitu, kan gak boleh ada masukan makanan atau minuman selain ASI. Konon katanya Asi itu mengandung zat-zat penting buat kecerdasan otak, diantaranya taurin sebagai neo transmiter yang baik untuk perkembangan otak, AA dan DHA zat yang didapat dari perubahan omega 3 dan omega 6 yang berfungsi untuk perkembangan otak.
Selain itu ASI juga mengandung GA. Nah si GA ini berperan untuk pembentukan memori dan fungsi umum otak besar serta berfungsi sebagai alat konektifitas sel otak bayi. GA juga sangat penting bagi tumbuh kembang anak, ketika lahir bayi memiliki 100 milyar sel otak yang belum terhubung dan GA dibutuhkan untuk menyambungkan sel-sel otak tersebut.
Saking pentingnya pemberian ASI pada bayi, Al-quran udah ngasih tahu bahwa menyusui itu dianjurkan 2 tahun, bunyi ayatnya tuh: “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin meenyempurnakan penyusuan…” (QS. Al Baqoroh: 233). Kenapa gak 1 tahun atau 3 tahun coba?, ternyata menurut penelitian 2 tahun pertama otak dan tubuh anak sedang berkembang-kembangnya banget atau bahasa kerennya itu sebagai masa golden age. Tubuh bayi tuh sangat membutuhkan ekstra kalori dari nutrisi yang tepat untuk menjaga perkembangan fungsi organ-organ tubuh. ASI yang diberikan selama 2 tahun mampu mencukupi 1/3 kebutuhan kalori, 1/3 kebutuhan protein, 45% akan kebutuhan vitamin A dan 90% kebutuhan akan vitamin c.
Pemberian ASI yang sudah diberikan lebih dari 1 tahun memiliki kandungan yang luar biasa bermanfaat untuk anak, ASI tetep mengandung zat imun untuk bayi bahkan dalam suatu penelitian beberapa zat imun justru meningkat jumlahnya dalam ASI di tahun ke 2 belum lagi kandungan gizinya. Pada tahun ke 2 setiap 448 Ml ASI dapat memenuhi 29 % dari kebutuhan energi, 43% dari kebutuhan protein, 36 % dari kebutuhan kalsium, 75% dari kebutuhan vitamin A, 76 % dari kebutuhan Asam folat, vit B12 dapat dipenuhi sebanyak 94% dari mengkonsumsi ASI dan ASI bisa mencukupi 60% dari kebutuhan vit c.
Terus ASI juga membantu pertumbuhan mental anak looh.., jadi bayi yang di susui oleh ibunya akan cenderung lebih tenang dan tidak hanya menerima makanan tapi lebih dari itu terlibat dialog-dialog biologis yang dinamis secara 2 arah,ini adalah ikatan fisik, fsikologis dan interakasi antara bayi dan ibunya selama menyusui dan memelihara kemampuan mental bayi artinya jalinan kasih sayang antara ibu dan anak akan semakin kuat dalam proses menyusui.
Beuh.. kalau ngomongin tentang ASI tuh gakan ada habisnya deh. Subhanallah mahasuci Allah yang telah menciptakan semuanya begitu sempurna. Ayoo buat para ibu jangan menyia-nyiakan karunia Allah ini, budayakan memberi ASI eksklusif pada bayi. Oh iya informasi ilmiah terkait kandungan ASI diatas didapat dari hasil nyimak acara Khazanah Trans 7.
Memang ASI itu adalah susu inovasi tinggi yang alami, halal dan menyehatkan. Namun supaya semua manfaat dari susu yang udah dijelaskan diatas kerasa manfaatnya, ingat nih buat para ibu-ibu harus memperhatikan asupan makanan yang dimakannya, prinsipnya 2 sih apapun yang ibu makan atau minum, mesti halal dan baik (halalan thayyiban). “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rizkikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya”. (QS. Al Maidah: 88). Jadi kalau asupannya baik dan halal nanti ibunya sehat, susu yang dihasilkannya baik, dan anak-anak yang meminumnya juga bisa merasakan manfaatnya.
Sampai jumpa ditulisan-tulisan selanjutnya di blog ini,tinggalkan comment untuk tulisan yang lebih baik. Terima kasih.